Kamis, 23 Juli 2009

Akhirnya, Microsoft Matikan Kompetitor YouTube

Microsoft akhirnya mematikan competitor YouTube, Soapbox yang malah belum dibuat dalam versi beta. Baru bulan lalu, Microsoft meletakkan portal video MSN tersebut. Kini Microsoft sedang befokus untuk membuat strategi yang memungkinkan dengan menjual content iklan dari Soapbox.

“Hari ini kami memberitahukan kepada konsumen bahwa mulai 31 Agustus 2009 MSN tidak akan menawarkan portal video Soapbox. Mulai 29 Juli, konsumen tidak bisa meng-upload video ke Soapbox dan kami mengingatkan kepada pengguna Soapbox untuk men-download video mereka dari Soapbox sebelum 31 Agustus. Kami akan mengkomunikasikan hal ini kepada komunitas Soapbox dengan menggunakan beberapa metode berbeda untuk memastikan bahwa konsumen sudah memiliki video mereka kembali.” ungkap Microsoft.

Microsoft mengklaim bahwa video Soapbox MSN telah memiliki 88 juta pengunjung unik dari seluruh dunia, dimana terdapat 480 juta video streaming yang telah dilihat setiap bulannya. Sementara Soapbox hanya melakukan sedikit improvisasi di beberapa area, maka YouTube justru melakukannya dengan baik. Bahkan YouTube sudah mengalami perkembangan yang panjang, jauh sebelum dibeli Google dan tentunya sebelum Soapbox dirilis.

Soapbox dirilis bulan September 2006, dan go public mulai Februari 2007, sedangkan Google membeli YouTube di bulan Oktober 2006. Sementara di bulan Juni 2007, Microsoft terpaksa mematikan akses Soapbox dikarenakan untuk membersihkan video copy-an yang merebak di Soapbox.

BeritaNet.com

Tidak ada komentar: