Minggu, 19 Juli 2009

Cicipi Android di PC Pakai Live Android

JAKARTA, KOMPAS.com — Nama Android mungkin sudah tidak asing untuk pencinta Google. Android adalah OS pertama yang diciptakan Google sebagai platform smartphone. Meski belakangan Android juga dilirik sebagai sistem operasi netbook, mini-notebook dengan spesifikasi ringan.

Bahkan, Android saat ini pun sebenarnya telah mendukung PC standar berbasis x86. Misalnya versi Live Android yang dapat digunakan di komputer tanpa harus diinstalasi. Pengguna cukup menjalankan live CD dan akan langsung dapat mencicipi Android.
Live Android bisa dipakai, baik sebagai LiveCD maupun LiveUSB. OS Opensource ini bisa langsung digunakan hanya dengan memasukkan CD ke CD-ROM saja. Seketika, Anda dapat mencicipi Android layaknya pengguna smartphone G1.

Perangkat lunak ini bisa diunduh secara gratis di beberapa situs tertentu, seperti downloadsquad dan kemudian di-burn ke CD agar bisa langsung digunakan di komputer. Apabila ingin menggunakan Live Android tanpa reboot komputer, bisa juga menggunakan program VirtualBox, VMWare, atau Microsoft Virtual PC.

Untuk saat ini sudah hadir versi terbaru dari Live Android, yaitu Android versi 0.2. Untuk penggunaan Live Android via USB (sangat berguna untuk pengguna netbook) dan fitur touchscreen, dikabarkan kedua hal tersebut akan hadir pada versi 0.3. Mau cicipi Android, unduh saja melalui http://code.google.com/p/live-android/downloads/list

Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar: