Sabtu, 13 Juni 2009

Ubuntu 10.04, Waktu Booting Cuma 10 Detik

Pengembang distro Linux Ubuntu telah membuat gebrakan baru dengan menambah performance booting Ubuntu. Ambisi developer Linux Ubuntu ini akan diterapkan di tahun 2010 untuk mengurangi waktu booting hingga hanya 10 detik. Meningkatnya adopsi system operasi Linux di device netbook telah memberikan semangat kepada developer Linux untuk berfokus kepada performance startup system tersebut di netbook. Ubuntu 9.04 yang dirilis bulan lalu, juga merupakan salah satu distro Linux yang memiliki improvisasi ini.

Dalam presentasinya di Barcelona, developer Linux, Scott James Remnant mengungkapkan bahwa waktu booting Linux sudah berkurang dari 65 detik di versi Linux 8.10, hingga hanya 25 detik di Ubuntu 9.04. Canonical, vendor di balik Ubuntu, akan melanjutkan menambah improvisasi waktu booting di Ubuntu 9.10 dengan kode nama Karmic Koala. Menurut klaim Remnant, waktu booting Ubuntu 10.04 akan diubah menjadi 10 detik saja, segera rilis mengikuti Karmic.

Remnant memberikan informasi di bagian mana waktu booting akan berkurang. Sebuah strategi penting akan membuat display server Xorg akan berjalan secepat mungkin, sehingga akan memberikan waktu yang singkat untuk mengangkat komponen yang harus ditempatkan sebelum Xorg start, termasuk komponen udev device manager dan initramfs, sebuah system file temporer yang di-load ke syetm memory untuk memfasilitasi pross startup. Sementara Initramfs bertindak sebagai penanggung jawab untuk mounting root system file dan load module kernel. Selain itu, Initramfs juga memainkan peran untuk software RAID, enkripsi disk, booting dari system file jaringan, dan melakukan task lain yang sama. Remnant mengungkapkan akan mengurangi waktu kinerja kedua komponen di atas dan menghilangkan beberapa aktivitas yang dapat memperlambat startup.

Remnant mengatakan bahwa kernel dan initramfs akan mengambil waktu 2 detik, loading driver, filesystem mounting, dan load lainnya akan menghabiskan waktu 2 detik, launching display Xorg sekitar 2 detik, dan 4 detik untuk launching desktop environment dan layanan lainnya yang menjadi bagian dari session user. Komputer akan full load dan siap digunakan dalam waktu 10 detik, tambah Remnant.

BeritaNEt.com

Tidak ada komentar: