Jumat, 19 Juni 2009

RUC, Mobil Power Hydrogen

Perusahaan ternama Inggris telah merilis apa yang dinamakan transport urban personal masa depan, sebuah prototype micro-car dengan dua tempat duduk (seater) yang memiliki power single hydrogen fuel-cell. Di balik mobile keren Riversimple Urban Car (RUC), bersembunyi 6kW fuel-cell yang menjadi pengendali 4 motor elektrik, dengan satu motor yang dimasukkan di setiap 4 roda mobil. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan sebuah system rem yang regenerative, yang dapat menyimpan energy di dalam set ultracapacitor.

RUC dapat kecepatan 50mph dan meng-cover 240 mil (386km) dengan bobot tank hydrogen 2.21lb (1kg). Bobot mobil RUC tersebut berkisar 772lbs (351kg). Menurut manufaktur mobil RUC, Riversimple, RUC tersebut juga dibuat dari material composite recyclable. Team manajemen Riversimple, mengungkapkan mobil RUC tersebut tidak kuat untuk desain groundbreaking mobil. Perusahaan Riversimple, tersebut dipimpin oleh Hugo Spowers, yang ikut juga dalam pengembangan project kendaran ber-hidrogen ini dengan kerja sama Morgan LIFEcar.

Universitas Oxford dan Cranfield juga memainkan peran dalam pengembangan RUC ini, seperti developer dan manufaktur hydrogen fuel-cell di Shanghai, Horizon Fuel Cell Technologies. Riversimple bermaksud untuk membuat mobil RUC ini sebagai mobil sewaan dengan harga kisaran $327 per bulan untuk periode 20 tahun, sebuah harga untuk mobil hydrogen fuel-cell. Untuk road-test mobile RUC ini akan dimulai di akhir tahun 2010.

BeritaNet.com

Tidak ada komentar: