Senin, 22 September 2008

WordPress for iPhone User

Wordpress merupakan salah satu layanan Open Source pertama yang memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menulis sebuah artikel (post), mengupload koleksi foto, dan mengedit blog wordpress kita dari iPhone atau iPod Touch milik penggunanya. Layanan yang sangat luar biasa ini sekarang telah tersedia dan dapat didownload oleh para pengguna iPhone ataupun iPod melalui Apple’s iTunes App Store.

Pihak developer mengatakan, “Dengan dukungan layanan wordpress.com dan self-hosted wordpress (2.51 atau versi lebih tinggi lagi), pengguna dari berbagai jenis kalangan akan menikmati berbagai jenis pengalaman baru hanya dalam waktu yang singkat. Selain itu kami telah melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan Wordpress untuk device mobile yaitu iPhone, di mana produk terbaru tersebut akan memberikan kemudahan dan pengalaman baru bagi siapa saja yang memiliki device iPhone dan terbiasa menggunakan Wordpress yang berbasis web. Untuk pengembangan ke depan, kami (pengembang) akan melanjutkan proyek ini untuk menciptakan penambahan feature di dalamnya dan membuat Wordpress phone ini menyerupai Wordpress yang berbasis web sehingga setiap pengguna tidak akan merasakan perbedaan saat menggunakan Wordpress berbasis iPhone ataupun Wordpress berbasis Web.”

Salah satu hal yang paling membedakan dari feature produk ini yaitu kita dapat menjelajahi satu fasilitas untuk melakukan aktifitas blogging termasuk didalamnya paket-paket seperti pada Wordpress.com dan self-installed Wordpress blog (2.5.1 atau bersi lebih tingginya) yang berbasis web, terdapat pula layanan pada produk ini yaitu safari yang digunakan untuk melihat preview post kita, dukungan untuk layanan foto (camera dan library) dan kemampuan untuk memprotect/melindungi password walaupun tersimpan dalam draft.

Tidak hanya hal itu, Wordpress juga memberikan dukungan penuh untuk tags, categories dan penggunaan multiple blog, serta useful auto-recovery dimana kita dapat melakukan recover post kita apabila terdapat interrupt seperti ada telepon masuk ke mobile device kita.


Tim pengembang mengatakan, “The App berkerja sama dengan Wordpress.com dan self-installed Wordpress 2.51 atau versi lebih tinggi untuk merilis versi terbaru dari Wordpress MU. Pihak The App berkerja sama dengan new iPhone 3G yang merupakan first generation iPhone dan juga pihak iPod Touch. Pengguna untuk pertama kali akan menikmati layanan produk ini dengan versi rilis 1.0, namun dibutuhkan proses update paket jika pengguna ingin merubah theme dari blog mereka. Adapun paket theme telah terdapat pada App’s List Blogs”.

Sejak peluncuran Wordpress for iPhone ini, terdapat beberapa isu mengenai layanan terbaru The App ini antara lain :

* Apabila menekan sebuah karakter mana hasil yang muncul tidak seperti code nya (aslinya)
* Blog dengan instalasi Twitter Tool Plugin, apabila mengirimkan Twitter links ke post maka hasilnya tidak exist
* Terdapat masalah dalam hal toolbar untuk beberapa pengguna iPod touch
* Tidak dapat menambahkan isi blog jika menggunakan custom upload location
* Intermittent Erors ketika kita ingin menambahkan user baru bagi pengguna blog kita
* Beberapa theme preview tidak dapat dilihat untuk blog yang bersifat public


Penulis : Willmen TB Panjaitan
FTI - Universitas Atmajaya


Tidak ada komentar: