Senin, 22 September 2008

Wireless LAN

Haloo kawan-kawan lagi iseng posting materi Jaringan. Kali ini saya memposting tentang wireless LAN dimana dalam suatu LAN tidak lagi menggunakan media kabel tapi menggunakan sinyal radio untuk menghubungkan/membuat komputer saling berkomunikasi.
Ya kita mulai saja
Wireless LAN juga dikenal dengan Jaringan Local Nirkabel adalah suatu jaringan lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya. Dalam wireless LAN ini bukan berarti tidak menggunakan kabel tapi wireless LAN terhubung ke jaringan
kabel untuk memperoleh suatu koneksi atau meneruskan sinyal wireless ke jaringan kabel atau sebaliknya.
LAN nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.

Dalam membangun sebuah Wireless LAN dibutuhkan sebuah perangkat diantranya adalah:

1. Access Point

Fungsi Access Point ibaratnya sebagai Hub/Switch di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal(ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.

2. WLAN Adapter

Sama seperti LAN card bisa WLAN adapter berfungsi untuk menghubungkan komputer ke Access Point, pemasangan WLAN adapter tidak berbeda dengan memasang LAN card, WLAN adapter biasanya menggunakan slot PCI untuk pemasangannya.




3. PCMCIA

PCMCIA biasa digunakan pada laptop adapun jenis PCMCIA beragam, PCMCIA digunakan untuk menghubungkan laptop dengan access point, dalam pemasangan PCMCIA sangat mudah cukup masukan PCMCIA card ke slot PCMCIA di laptop lalu install drivernya bila diperlukan.

Postingan kali ini dicukupkan sekian, mohon maaf atas segala kekurangan. Mudah-mudahan untuk selanjutnya saya bisa memposting lebih baik.

Tidak ada komentar: