Jumat, 31 Juli 2009

OFDM, Teknologi Pengganti Fiber Optic Kecepatan 30.000Gbps

KDDI R&D Labs dan National Institute of Information and Communications Technology (NICT) Japan telah membuat sebuah trial teknologi optical yang mengimplementasikan OFDM dalam transmisi frekuensi untuk menerima rate data tingkat tinggi. Menurut Nikkei, trial teknologi optic OFDM ini mampu mencapai kecepatan hingga 30Tbps dengan jarak berkisar 240 kilometer. KDDI kemudian akan berencana untuk mengkomersialkan teknologi optic OFDM ini di awal tahun 2012 mendatang. Kemungkinan teknologi tersebut akan digunakan tele-medicine dan aplikasi lain yang membutuhkan bandwith tinggi.

Teknologi optick OFDM tersebut merupakan penelitian yang dilakukan oleh KDDI R&D Labs. “Orthgonal frequency division multiplex (OFDM) dikembangkan sebagai format modulasi untuk menangani jika ada kerusakan system transmisi fiber-optic berkecepatan tinggi.” ungkap KDDI R&D Labs. Dalam dokumen yang dipublikasikan oleh KDDI R&D Labs dan NICT, system OFDM akan menambah efisiensi utilisasi frekuensi system transmisi optical dengan kecepatan 7bps/Hz, sekitar 30 persen lebih tinggi dibandingkan ekseperimen yang pernah dilakukan di lab yang sama, dengan efisiensi utilisasi frekuensi sekitar 5.6bps/Hz.

Masih menurut dokumen yang sama, zona frekuensi merupakan resource yang penting untuk komunikasi system karena diperlukan utilisasi zona tersebut agar pengiriman data bisa efisien dan cepat. Namun, efisiensi utilisasi frekuensi dari system transport optic komersial tersebut hanya terbatas di kecepatan 0.8bps/Hz.

BeritaNet.com

Tidak ada komentar: