Kamis, 23 Juli 2009

Lebih Jauh tentang Processor Intel Atom

Intel Atom merupakan salah satu andalan Intel dalam pengembangan processornya selama ini. Dirancang dengan teknologi terbarunya 'hafnium infused 45 nanometer high-k silicon' yang lazim disebut teknologi 45 nanometer, Intel merancang processor Intel Atom sebagai processor ekonomis, yang tidak hanya hemat energi, namun juga hemat space karena ukurannya hanya 26 milimeter persegi. Untuk konsumsi daya, Intel menggolongkan processor ini sebagai processor hemat energi, dengan hanya memakan daya kurang dari 1 Watt hingga 2,5 Watt, sehingga cocok untuk ditanamkan pada perangkat mobile divice karena hemat energi.

Processor Intel Atom yang terdiri dari 47 juta transistor di dalamnya ini, juga memiliki FSB (Front Side Bus) dengan kecepatan sampai 533 MHz, selain juga mendukung multi-threading.

Untuk dukungan dari sisi multimedia Intel Atom memiliki dukungan Streaming SIMD Extensions 3 (SSE3). Tetapi karena diciptakan untuk konektifitas (berinternet) dan olah data standart, maka pengguna belum dapat mengandalkan processor ini untuk menjalankan game 3 dimensi.

Karena kemampuannya dalam menghemat energi dan dimensi yang relatif kecil untuk kelas mobile processor, serta didukung oleh kestabilan performa yang baik, maka tidaklah mengherankan jika mini processor keluaran Intel ini kemudian laris manis dipakai oleh berbagai vendor komputer. Hingga saat ini tercatat beberapa vendor komputer yang mempergunakan Intel Atom sebagai processor mobile device-nya, antara lain Asus, Acer, MSI, Axioo, Acer hingga Toshiba.


BeritaNet.com

Tidak ada komentar: