Jumat, 31 Juli 2009

EnCore, Processor Hemat Energi Baru Telah Dikembangkan

Ilmuwan di sebuah universitas di Skotlandia telah membuat sebuah microprocessor yang dapat membuat energy MP3 player dan mobile phone 4G lebih efisien. EnCore, microprocessor yang memberikan proses lebih cepat, namun menggunakan power dan space penyimpanan yang lebih sedikit dibandingkan device yang sama di market. Sementara para ilmuwan di University of Edinburgh tersebut menyimpan microprocessor ke sebuah chip silicon untuk menjalankan prototype di laboratorium.

Professor Nigel Topham dari School of Informatics, University of Edinburgh yang sekaligus mengembangkan microprocessor EnCore, mengungkapkan bahwa project ini dikembangkan dari fungsi komputer, dan pihaknya merasa senang karena chip tersebut mampu bekerja dengan stabil dan dengan konsumsi power yang rendah. “Jika device ini digunakan di mobile phone maka akan menambah daya tahan baterai, walaupun belum diketahui berapa lama mampu bertahan. Processor ini memiliki konsumsi yang rendah dibandingkan processor komersial lainnya, dan user dapat melakukan kustomisasi processor dan menambah aplikasi yang dapat dijalankan.” ungkap Topham.

Device hardware microprocessor EnCore telah dikembangkan selama 4 tahun sebagai bagian dari project yang disponsori oleh Engineering and Physical Sciences Research Council (EPSRC), untuk menginvestigasi metode baru pengembangan device computer.

BeritaNet.com

Tidak ada komentar: