Minggu, 01 Maret 2009

Mobil Terbang Pertama

Sebuah perusahaan di Massachusetts yang telah dibangun oleh lulusan MIT kini sedang menyiapkan mobil terbang atau drivable aircraft, dan kini sedang dalam testing pertamanya di akhir bulan ini atau memasuki awal bulan Februari. Richard Gersh, wakil presiden di Woburn, perusahaan yang berpusat di Massachusetts tersebut mengatakan bahwa Woburn sedang menyiapkan mengambil prototype dari kendaraan aircraft tersebut, yang diberi nama The Transition.

”Kami sangat terkesan. Kami benar-benar menjadi bersemangat ketika kami memiliki obil terang.” ungkap Gersh. Mobil terbang dengan dua tempat duduk tersebut dibandrol harga sebesar $148,000. Gersh mengatakan bahwa sejauh ini perusahaan Woburn sudah menerima lebih dari 40 order dari The Transition. Gersh berharap mobil terbang pertama akan berada di tangan customer di tahun depan.

Gersh mencatat bahwa beberapa bulan lalu kendaraan terbang tersebut telah ditesting on-road dan juga diuji coba di airport Lawrence Municipal di North Andover, Massachusetts. Sementara menurut Anna Dietrich, kepala dari perusahaan engineering terbesar, Terrafugia, mengatakan bahwa kendaraan yang dibuat adalah aircraft yang berjalan ‘di tanah’, karena sebenarnya belum ada infrastruktur yang cocok apalagi training mobil terbang. Dietrich mengatakan bahwa ide dari kendaraan terbang ini berasal dari imajinasi founder Terrafugia. Namun, masalahnya belum ada infrastruktur yang support untuk The Transition yang bisa membuatnya terbang dan berjalan di udara.
“Untuk mengemudikan The Transition diperlukan adanya pilot. Dan kami tidak memiliki teknologi autopilot built-in. Sekarang ini yang ada adalah pesawat terbang yang didesain untuk diterbangkan oleh pilot dalam infrastruktur yang sudah ada yakni di airport.” tambah Dietrich.

BeritaNet.com


Tidak ada komentar: