Kamis, 13 November 2008

Intel Celeron vs Pentium

Processor Celeron dan Pentium adalah dua product CPU mili Intel yang terbaik. Kedua product ini biasanya ditemukan di kebanyakan system home computer. Terdapat perbedaan antara processor Pentium dan versi Pentium yang terakhisr, Pentium 4. Sedangkan untuk processor Celeron adalah lebih kurang lebih sama, walaupun banyak ditemukan variasi kecepatannya.
Processor Celeron selalu didesain untuk alternative harga yang murah dibandingkan processor Pentium. Celeron seperti sebuah mobil perusahaan yang menawarkan variasi harga mobil mulai dari sedan lux hingga ke economy compact. Celeron secara simple-nya merupakan downgrade dari Pentium, dan semua user dapat melakukannya. Sebagai permulaan, chip Celeron hadir lebih kecil berupa L2 cache 9128kb, bila dibandingkan dengan 512kb di Pentium 4, maka Celeron akan mentranslansikan ke kecepatan proses yang lebih lambat. Faktanya Celeron memiliki limit clock speed sekitar 2GHz, sedangkan Pentium mampu hingga kecepatan 3GHz. Sebagai tambahan, Pentium berjalan di core voltage yang lebih rendah karena Pentium lebih efisien energi (1.75V vs 1.5V).

Sementara Pentium 4 jauh lebih powerful daripada processor advanced sekalipun di pasaran. Namun, Intel telah merencanakan itu semua. Banyak aplikasi dapat bekerja dengan processor Celeron, plus harga yang lebih murah, kualitas product Intel yang bagus, namun mungkin user tidak akan mendapatkan lebih bagus daripada Pentium.

BeritaNet.com

Tidak ada komentar: