Rabu, 05 November 2008

Install NetBeans 6.0.1 di Ubuntu

Lagi belajar install software di Ubuntu coba-coba dan ketika browsing dapat tutorial installasi NetBeans,dan saya coba menginstallnya di ubuntu berikut sedikit referensi yang saya dapatkan.
NetBeans adalah program IDE (Integrated Development Environment) sebagai alat bantu untuk mengembangakan aplikasi dengan bahasa pemrograman java. Download Netbeans di situsnya ,pilih bahasa yang diinginkan dan platform sistem yang digunakan, jika akan menginstall di linux pilihlah platform Linux(x86/x64), lalu pilih bundle/paket yang akan didownload/unduh. Ada beberapa paket kompiler yang bisa dipilih, diantaranya Java enterprise/web, Java mobility (micro), Java standard, Ruby, C/C++, PHP, serta paket lengkap yang mencakup semuanya. Lalu akan didapat file installer dengan nama netbeans-6.0.1-ml-linux.sh untuk paket yang lengkap (paket kompiler yang lain nama file installernya berbeda.

Untuk mengginstall di ubuntu buka terminal dengan cara membuka jendela run (alt+F2) lalu ketikan "gnome-terminal". Lalu masuk ke direktori tempat fie netbeans berada untuk contoh saya menyimpannya di folder home > software.

#cd /home/ubuntu-user/software

ubah permission flle agar bisa dieksekusi dengan perintah

chmod a+x netbeans-6.0.1-ml-linux.sh

lalu login sebagai root dan jalankan file tersebut dengan perintah

./netbeans-6.0.1-ml-linux.sh

tunggu sampai muncul jendela instalasi seperti berikut :



klik Next, atau klik Costumize terlebih dahulu untuk merubah paket-paket yang akan diinstall, Jika akan menginstall Apache-Tomcat sekaligus, klik costumize lalu tandai kolom ApacheTomcat karena secara default Apache-tomcat tidak ikut diinstall. Lalu muncul Persetujuan lisensi (License Agrement).



Tandai chekbox “i accept the term and condition” yang menandakan anda telah setuju dengan perjanjian lisensi seperti yang tertulis. klik next, lalu muncul jendela yang menunjukan dimana kita akan menginstall NetBeans.



Tentukan pada direktori mana netbenas dan JDK akan diinstall, klik Next



isikan nama admin dan psswordnya


klik install untuk mulai menginstall, dan tunggu hingga proses instalasi selesai



Klik Finish untuk mengakhiri proses instalasi. Sekarang Netbeans sudah terinstall di dalam sistem linux, di beberapa distro linux tertentu akan dibuatkan shortcut untuk NetBeans, namun ada kemungkinan tidak akan dibuatkan shortcut juga, jika tidak ditemukan shortcutnya, silahkan buat link secara manual ke file eksekusi Netbeans. secara default file eksekusi ada di

/usr/local/netbeans-6.0.1/bin/netbeans

Atau tergantung dierktori yang anda gunakan untuk menaruh program ini pada saat proses instalasi.

Setelah program dipangil, Netbeans sudah dapat digunakan untuk membangun proyek java, antarmuka Netbeans mungkin sudah begitu familiar bagi yang sering menggunakan bahasa pemrograman Visual.



Download NetBeans

sumber: mugos.ums.ac.id

Tidak ada komentar: